Sabtu, 31 Oktober 2009

PERTANYAAN TERBUKA DAN TERTUTUP
Pertanyaan terbuka. Pertanyaan-pertanyaan terbuka meliputi pertanyaan-pertanyaan seperti “Bagaimana pendapat anda tentang menempatkan semua manajer ke internet?” dan “Mohon jelaskan bagaimana anda membuat suatu keputusan tentang penjadwalan?” Amati istilah open-ended. “terbuka” menggambarkan pilihan bagi orang yang diwawancarai untuk merespon. Mereka terbuka. Respon bisa berupa dua kata atau dua paragraf.

Pertanyaan terbuka memungkinkan responden bisa memilih responsnya. Contoh-contoh berikut dipilih dari wawancara-wawancara yang berlainan dan tidak ditunjukkan menurut perintah tertentu.
Pertanyaan wawancara terbuka:
•Bagaimana pendapat anda tentang kondisi bisnis-ke-bisnis e-commerce di perusahaan anda?
•Apa tujuan-tujuan terpenting departemen anda?
•Sekali data diajukan lewat web site, bagaimana data-data tersebut akhirnya diproses?
•Gambarkan proses monitoring yang tersedia secara online?
•Apa rasa frustasi terbesar yang anda alami selama masa peralihan menuju e-commerce?

Pertanyaan wawancara tertutup membatasi pilihan responden untuk merespons. Contoh-contoh berikut dipilih dari wawancara- wawancara yang berlainan dab tidak ditunjukkan menurut perintah tertentu.
Pertanyaan wawancara tertutup:
•Berapa lama dalam seminggu gudang informasi diperbaharui?
•Rata-rata, berapa kali panggilan yang diterima pusat panggilan setiap bulannya?
•Dari sumber-sumber informasi berikut yang mana paling bermanfaat menurut anda:
oFormulir keluhan konsumen
oKeluhan lewat e-mail dan konsumen yang mengunjungi web site
oInteraksi tatap muka dengan konsumen
oBarang yang dikembalikan konsumen
•Sebutkan dua prioritas utama anda untuk meningkatkan infrastruktur teknologi.
•Siapa yang menerima masukan ini?
Pertanyaan wawancara dua pilihan adalah jenis khusus dari pertanyaan tertutup. Contoh-contoh berikut dipilih dari wawancara-wawancara yang berlainan dan tidak ditunjukkan menurut perintah tertentu.
Pertanyaan wawancara dua-pilihan:
•Apakah anda menggunakan web untuk menampilkan informasi bagi vendor?
•Setuju arau tidak setujukah anda bahwa e-commerce tidak begitu aman?
•Apakah anda ingin menerima salinan laporan keuangan anda setiap bulan?
•Apakah web site anda mempertahankan halaman FAQ bagi pegawai untuk pertanyaan-pertanyaan tentang gaji/upah?
•Apakah formulir ini sudah dilengkapi?
Struktur piramid untuk wawancara dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan khusus ke pertanyaan-pertanyaan umum.
Struktur corong untuk wawancara dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan umum lalu menyempit ke pertanyaan-pertanyaan khusus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar