Kamis, 15 Oktober 2009

komentar logo apotek k24, apotek century, dan apotek rakyat

Nama : Nunik Dwi Utami
NIM : 08613197
Kelas : C
Tugas Keterampilan Komunikasi

Membandingkan Logo Apotek K24, Apotek Century dan Apotek Rakya

Menurut saya logo apotek K24 sudah sangat bagus. Dilihat dari warnanya yang terang yaitu warna hijau yang dominan serta warna putih dan kuning pada tulisannya membuat apotek tersebut terlihat sangat menarik. Selain itu dilihat dari bentuk logo tersebut yaitu menggambarkan sebuah kapsul yang bertuliskan k24 membuat orang mudah untuk mengingatnya karena ukuran logonya yang cukup besar dan mencolok.Tulisannay juga dibuat besar sehingga terbaca jelas. Yang membuat menarik lagi selain itu dibawahnya terdapat tulisan "komplit 24 jam" yang mengindikasikan bahwa apotek tersebut siap melayani masyarakat kapan saja selama 24 jam lamanya.

Apotek Century
Meskipun Apotik Century telah berdiri selama 14 tahun dan telah memiliki 180 outlet, hanya baru baru ini Apotik Century membuka kesempatan franchise. Dalam mengembangkan jaringan bisnisnya, franchise Apotik Century memberikan support berupa training kepada karyawan franchisee secara gratis.
Apotek Century juga mempunyai logo yang juga menarik, sama halnya dengan apotek k24. Logo pada warnanya memiliki warna yang dominan yaitu warna hijau tua ditambah dengan warna putih pada tulisannya dan warna oranye pada bentuk gambarnya. Tulisan yang sudah cukup besar sehingga sudah jelas akan keberadaan apotek tersebut. Tetapi pada bentuk gambarnya terlihat kurang jelas apa maksudnya sehingga bagi orang awam akan sulit untuk memahaminya bahwa gambar tersebut mengidentifikasikan untuk gambar sebuah apotek. Selain itu tulisan dibawahnaya yaitu "healthcare" menandakan bahwa apotek ini memiliki misi yang jelas yaitu melayani kesehatan masyarakat.

Apotek Rakyat
Apotek rakyat ini keberadaannya sudah sangat banyak. Adapun logonya juga mempunyai bermacam-macam bentuk, tulisan, serta warna yang berbeda-beda. Berbeda halnya dengan apotek yang sudah berlabel franchise yang di setiap cabang apoteknya itu memiliki logo yang sama. Apotek rakyat pada logonya, umumnya hanya mencantumkan nama dari apotek tersebut tidak disertai dengan tulisan yang lain seperti misi dari apotek yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Selain itu biasanya logonya itu dibuat kurang mencolok baik dari segi warna maupun tulisan sehingga masyarakat kurang tertarik untuk mengunjungi apotek tersebut. Selain itu, pada apotek rakyat biasanya tidak menampilkan bentuk gambar pada logonya sehingga logonya pun terkesan sederhana dan kurang mencolok. Jika ingin bersaing dengan apotek-apotek besar lainnya sepertinya apotek rakyat harus banyak belajar bagaimana membuat logo-logo yang menarik untuk menandai nama apoteknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar