Sabtu, 31 Oktober 2009

TIPE-TIPE RUMAH SAKIT

TIPE-TIPE RUMAH SAKIT
1. Tipe A : mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik spesialistik luasdan sub spesialistik luas. Contoh : RSU Dr Cipto Mangunkusumo, RS PAD Gatot Soebroto, RS Jiwa Jakarta.
2. Tipe B II : mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik spesialistik luas dan subspesialistik terbatas. Contoh : RS Pusat PErtamina, RS MMC, RSU Persahabatan, RS Jantung Harapan Kita,RSPI Prof DR Sulianti S
3. Tipe B I : mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medikspesialistik sekurang-kurangnya 11 jenis spesialistik.
4. Tipe C : mempunyai fasititas dan kemampuan pelayanan medik spesialistik sekurang-kurangnya spesialistik 4 dasar lengkap. Contoh : RS Medistra, RS UKI Cawang, RSU Haji Jakarta, RS PAU Antariksa.
5. Tipe D : mempunyai fasilitas dan kemampuan sekurang-kurangnya pelayanan medik dasar. Contoh : RSU Gandaria, RSB Asih, RS Pusdikkes, RS abdi Waluyo.
6. Tipe E : rumah sakit khusus yang menyelenggarakan hanya satu maca, pelayanan kledokteran saja. Misalnya : RS Jiwa, RS Paru, RS Kusta, RS Jantung, RS Bedah Rawamangun, RSK THT Prof Nizar.
PERTANYAAN TERBUKA DAN TERTUTUP
Pertanyaan terbuka. Pertanyaan-pertanyaan terbuka meliputi pertanyaan-pertanyaan seperti “Bagaimana pendapat anda tentang menempatkan semua manajer ke internet?” dan “Mohon jelaskan bagaimana anda membuat suatu keputusan tentang penjadwalan?” Amati istilah open-ended. “terbuka” menggambarkan pilihan bagi orang yang diwawancarai untuk merespon. Mereka terbuka. Respon bisa berupa dua kata atau dua paragraf.

Pertanyaan terbuka memungkinkan responden bisa memilih responsnya. Contoh-contoh berikut dipilih dari wawancara-wawancara yang berlainan dan tidak ditunjukkan menurut perintah tertentu.
Pertanyaan wawancara terbuka:
•Bagaimana pendapat anda tentang kondisi bisnis-ke-bisnis e-commerce di perusahaan anda?
•Apa tujuan-tujuan terpenting departemen anda?
•Sekali data diajukan lewat web site, bagaimana data-data tersebut akhirnya diproses?
•Gambarkan proses monitoring yang tersedia secara online?
•Apa rasa frustasi terbesar yang anda alami selama masa peralihan menuju e-commerce?

Pertanyaan wawancara tertutup membatasi pilihan responden untuk merespons. Contoh-contoh berikut dipilih dari wawancara- wawancara yang berlainan dab tidak ditunjukkan menurut perintah tertentu.
Pertanyaan wawancara tertutup:
•Berapa lama dalam seminggu gudang informasi diperbaharui?
•Rata-rata, berapa kali panggilan yang diterima pusat panggilan setiap bulannya?
•Dari sumber-sumber informasi berikut yang mana paling bermanfaat menurut anda:
oFormulir keluhan konsumen
oKeluhan lewat e-mail dan konsumen yang mengunjungi web site
oInteraksi tatap muka dengan konsumen
oBarang yang dikembalikan konsumen
•Sebutkan dua prioritas utama anda untuk meningkatkan infrastruktur teknologi.
•Siapa yang menerima masukan ini?
Pertanyaan wawancara dua pilihan adalah jenis khusus dari pertanyaan tertutup. Contoh-contoh berikut dipilih dari wawancara-wawancara yang berlainan dan tidak ditunjukkan menurut perintah tertentu.
Pertanyaan wawancara dua-pilihan:
•Apakah anda menggunakan web untuk menampilkan informasi bagi vendor?
•Setuju arau tidak setujukah anda bahwa e-commerce tidak begitu aman?
•Apakah anda ingin menerima salinan laporan keuangan anda setiap bulan?
•Apakah web site anda mempertahankan halaman FAQ bagi pegawai untuk pertanyaan-pertanyaan tentang gaji/upah?
•Apakah formulir ini sudah dilengkapi?
Struktur piramid untuk wawancara dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan khusus ke pertanyaan-pertanyaan umum.
Struktur corong untuk wawancara dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan umum lalu menyempit ke pertanyaan-pertanyaan khusus.

JENIS JENIS KOMUNIKASI

JENIS JENIS KOMUNIKASI
Pada dasarnya komunikasi digunakan untuk menciptakan atau meningkatkan aktifitas hubungan antara manusia atau kelompok
Jenis komunikasi terdiri dari:
1.Komunikasi verbal dengan kata-kata
2.Komunikasi non verbal disebut dengan bahasa tubuh

1.Komunikasi Verbal mencakup aspek-aspek berupa ;
a.Vocabulary (perbendaharaan kata-kata). Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dalam berkomunikasi.
b.Racing (kecepatan). Komunikasi akan lebih efektif dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
c.Intonasi suara: akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
d.Humor: dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan stress dan nyeri. Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
e.Singkat dan jelas. Komunikasi akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.
f.Timing (waktu yang tepat) adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.

2.Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi non verbal memberikan arti pada komunikasi verbal.
Yang termasuk komunikasi non verbal :
a.Ekspresi wajah
Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang.
b.Kontak mata, merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar mendengarkan. Melalui kontak mata juga memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengobservasi yang lainnya
c.Sentuhan adalah bentuk komunikasi personal mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dari pada komunikasi verbal. Beberapa pesan seperti perhatian yang sungguh-sungguh, dukungan emosional, kasih sayang atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.
d.Postur tubuh dan gaya berjalan. Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.
e.Sound (Suara). Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi non verbal lainnya sampai desis atau suara dapat menjadi pesan yang sangat jelas.
f.Gerak isyarat, adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress

Kamis, 15 Oktober 2009

komentar logo apotek k24, apotek century, dan apotek rakyat

Nama : Nunik Dwi Utami
NIM : 08613197
Kelas : C
Tugas Keterampilan Komunikasi

Membandingkan Logo Apotek K24, Apotek Century dan Apotek Rakya

Menurut saya logo apotek K24 sudah sangat bagus. Dilihat dari warnanya yang terang yaitu warna hijau yang dominan serta warna putih dan kuning pada tulisannya membuat apotek tersebut terlihat sangat menarik. Selain itu dilihat dari bentuk logo tersebut yaitu menggambarkan sebuah kapsul yang bertuliskan k24 membuat orang mudah untuk mengingatnya karena ukuran logonya yang cukup besar dan mencolok.Tulisannay juga dibuat besar sehingga terbaca jelas. Yang membuat menarik lagi selain itu dibawahnya terdapat tulisan "komplit 24 jam" yang mengindikasikan bahwa apotek tersebut siap melayani masyarakat kapan saja selama 24 jam lamanya.

Apotek Century
Meskipun Apotik Century telah berdiri selama 14 tahun dan telah memiliki 180 outlet, hanya baru baru ini Apotik Century membuka kesempatan franchise. Dalam mengembangkan jaringan bisnisnya, franchise Apotik Century memberikan support berupa training kepada karyawan franchisee secara gratis.
Apotek Century juga mempunyai logo yang juga menarik, sama halnya dengan apotek k24. Logo pada warnanya memiliki warna yang dominan yaitu warna hijau tua ditambah dengan warna putih pada tulisannya dan warna oranye pada bentuk gambarnya. Tulisan yang sudah cukup besar sehingga sudah jelas akan keberadaan apotek tersebut. Tetapi pada bentuk gambarnya terlihat kurang jelas apa maksudnya sehingga bagi orang awam akan sulit untuk memahaminya bahwa gambar tersebut mengidentifikasikan untuk gambar sebuah apotek. Selain itu tulisan dibawahnaya yaitu "healthcare" menandakan bahwa apotek ini memiliki misi yang jelas yaitu melayani kesehatan masyarakat.

Apotek Rakyat
Apotek rakyat ini keberadaannya sudah sangat banyak. Adapun logonya juga mempunyai bermacam-macam bentuk, tulisan, serta warna yang berbeda-beda. Berbeda halnya dengan apotek yang sudah berlabel franchise yang di setiap cabang apoteknya itu memiliki logo yang sama. Apotek rakyat pada logonya, umumnya hanya mencantumkan nama dari apotek tersebut tidak disertai dengan tulisan yang lain seperti misi dari apotek yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Selain itu biasanya logonya itu dibuat kurang mencolok baik dari segi warna maupun tulisan sehingga masyarakat kurang tertarik untuk mengunjungi apotek tersebut. Selain itu, pada apotek rakyat biasanya tidak menampilkan bentuk gambar pada logonya sehingga logonya pun terkesan sederhana dan kurang mencolok. Jika ingin bersaing dengan apotek-apotek besar lainnya sepertinya apotek rakyat harus banyak belajar bagaimana membuat logo-logo yang menarik untuk menandai nama apoteknya.